Beranda » Artikel Blog » Mengenal Jenis Ikan Cupang

Mengenal Jenis Ikan Cupang

Diposting pada 8 March 2021 oleh admin | Dilihat: 147 kali | Kategori:

Jenis Ikan Cupang – Ikan cupang atau Betta Fish dikenal juga sebagai hewan peliharan yang lucu dan indah. Akan tetapi ikan cupang juga dikenal sebagai petarung dan agresif. Ikan cupang memiliki tumbuh yang indah dan menarik, hal ini diperkuat dengan ikan cupang memiliki berbagai jenis macam sirip yang indah. Gerakan ikan cupang yang anggun serta berwibawa menjadikan ikan cupang dijadikan peliharaan atau sebagai ikan aduan.

Ikan cupang banyak ditemukan di daerah rawa-rawa, danau, lubuk, sawah. Namun ikan cupang ini merupakan hewan endemik yang dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara, meliputi Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Brunei serta Indonesia. Tidak hanya pesebarannya yang beragam, jenis yang beragam membuat para penghobi memiliki julukan masing –  masing untuk ikan cupang. Biasanya julukannya disesuaikan dengan bentuk dan jenis siripnya. Seperti, halfmoon, serit, plakat, double tail serta berabagai macam jenis ikan cupang tergantung persilangannya.

Namun tahukah jika jenis-jenis ikan cupang tersebut sebenarnya hanya sebagian kecil dari hasil silangan ikan cupang yang ada di alam?

mengenal ikan cupang

Jenis Ikan Cupang yang Populer

Jenis ikan cupang yang beragam membuat para penghobi memiliki julukan masing –  masing untuk ikan cupang. Biasanya julukannya disesuaikan dengan bentuk dan jenis siripnya. Seperti, halfmoon, serit, plakat, double tail serta berabagai macam jenis ikan cupang tergantung persilangannya. Setiap hasil persilangan cupang mempunyai bentuk dan karakter yang khas. Nah, untuk jenis – jenis ikan cupang yang paling populer adalah sebagai berikut.

1. Jenis Ikan Cupang Halfmoon

Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang halfmoon mempunyai sirip serta ekor yang membentuk setengah lingkaran. Jika dilihat dari samping, sirip dari ikan cupang halfmoon berbentuk seperti bulan separo. Ikan cupang halfmoon dipelihara karena keindahannya sirip yang dimilikinya. Jenis cupang halfmoon memiliki varian warna yang beragam mulai dari warna merah menyala, kuning, serta varian warna lainnya.

2. Jenis Ikan Cupang Crown tail (serit)

Ikan cupang jenis ini dikembangkan oleh para peternak dari Indonesia. Ikan Cupang serit menjadi terkenal karena memiliki variasi keindahan. Ikan cupang serit disebut juga crown tail atau ekor mahkota, dikarenakan  serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang serit memiliki banyak varian. Ada yang seritnya tunggal, dimana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. Ada juga yang berserit dua atau serit ganda. Keindahan ikan cupang serit sudah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

jenis ekor ikan cupang

3. Jenis Ikan Cupang Plakat

Plakat merupakan istilah yang berasal dari Thailand dan memiliki arti tarung atau laga. Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang plakat biasa digunakan sebagai ikan cupang aduan hal ini tidak terlepas dari budaya thailand yang memang memiliki tradisi adu ikan cupang yang sudah melegenda.

Sirip serta ekor jenis ikan cupang plakat lebih pendek dan tidak menjumbai seperti jenis ikan cupang serit maupun halfmoon. Karena memiliki sirip pendek, sirip tersebut memberikan kesan yang kokoh dan kekar. Gerakan yang dimiliki ikan cupang plakat tidak terlalu anggun tapi lebih terlihat sangar.

4. Jenis Ikan Cupang Double Tail

Cupang ini disebut ikan cupang double tail karena bagian ekornya seperti terbelah dua. Jenis ikan cupang double tail terkenal tergolong sulit untuk dikembang biakkan. Oleh karena itu keberadaan ikan cupang double tail masih jarang dijumpai di pasaran.

5. Jenis Cupang Giant

Ikan cupang giant atau raksasa merupakan hasil breeder dari Thailand. Ukuran ikan cupang giant terbesarnya mencapai 12 cm. Ukuran ini jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Ikan cupang giant dikembangkan dari cupang plakat. Cupang Giant ini digunakan juga sebagai indukan untuk memunculkan jenis ikan cupang raksasa, diantaranya halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant.

Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Adu

Sebenarnya tidak ada aturan mauoun kriteria yang jelas untuk membedakan cupang hias dan cupang adu. Semua jenis ikan cupang berkarakter agresif dan bisa di adu. Jadi sangat tergantung pada pemiliknya ikan cupang itu akan dijadikan sebagai aduan atau hias. Karena cupang hias sebenarnya dapat menjadi petarung yang tangguh. Serta cupang adu pun tidak kalah menarik untuk dipandang.

Namun meskipun begitu, kita bisa memperkirakan karakter serta postur seperti apa yang dapat dijadikan sebagai ikan cupang adu. Sehingga dengan sedikit latihan, dapat menjadi petarung yang tangguh. Begitu pula dalam menentukan untuk jenis ikan cupang hias. Kita dapat memperkirakan ikan seperti apa yang mempunyai bakat sebagai ikan cupang hias.

Bagikan

Mengenal Jenis Ikan Cupang | Hobbyku.net

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Admin
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja